Tips Mudah Bersihkan Karang Gigi dan Memutihkan Gigi Kuning dengan Cepat

 Memiliki gigi putih, bersih dan bebas dari plak merupakan dampan setiap orang. Gigi yang sehat membuat seseorang menjadi lebih percaya untuk berkomunikasi, baik dengan sahabat atau rekan kerja. 


Namun, tidak sedikit orang yang mempermasalahkan karang gigi yang sukar hilang. Karang gigi dan plak merupakan dua masalah pada gigi yang dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut yang tidak sedap, gigi berlubang dan membuat gusi berdarah. Sebab, karang gigi merupakan tempat yang nyaman bagi kuman untuk bersarang. Selain itu, karang gigi juga tempat bakteri melekat pada gigi, sehingga mengakibatkan hilangnya gigi selain gigi berlubang.

Tahukah jika karang gigi juga dapat memicu penyakit jantung? Pasti setiap orang tidak ingin mengalami hal tersebut. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi karang gigi dan plak yang mengganggu.

Sikat Gigi Minimal 2x Sehari

Menggosok gigi dua kali sehari, di pagi hari sesudah sarapan dan sebelum tidur dapat mencegah karang gigi dan plak. Selain itu, perlu diperhatikan juga agar menggosok gigi dengan benar agar hasilnya maksimal. Gosok gigi bagian atas ke bawah, dari kanan ke kiri. Jangan lupa untuk membersihkan gusi dan sisa makanan yang menyangkut pada sela – sela gigi seusai makan. Tak hanya itu, berkumur dengan cairan pembersih mulut dapat menambah kebersihan gigi, sehingga gigi tampak menjadi putih dan bersinar.

Batu Bata dan Arang

Batu bata dan arang sudah sejak dahulu digunakan oleh orang pedesaan sebagai pengganti pasta gigi dan terbukti ampuh membuat gigi terlihat putih. Caranya, tumbuk batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, kemudian gosokan pada gigi dengan tangan atau dengan sikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih.

Biji Asam

Ternyata biji asam juga dapat membersihkan karang gigi dan plak. Caranya, siapkan biji asam kawak atau yang sudah lama disimpan. Cuci bersih, lalu tiriskan hingga kering. Kemudian sangrai sampai matang, lalu haluskan menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk. Nah, setelah menjadi bubuk, gunakan sebagai pengganti pasta gigi seperti sedang menggosok gigi. Jangan lupa berkumur ya!

Buah Apel

Selain mendapatkan nutrisi yang dikandungnya, mengkonsumsi buah apel juga dapat membersihkan gigi dari plak dan karang gigi. Yuk mulai dari sekarang konsumsi buah apel, agar gigi tetap bersih dan putih.

Cengkeh

Caranya, ambil 7 buah cengkeh, lalu tumbuk hingga halus atau bisa menggunakan blender. Kemudian, gunakan bubuk cengkeh sebagai pengganti pasta gigi. Selain dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi, bubuk cengkeh juga dapat digunakan untuk berkumur, setelah itu baru sikat gigi.

Nah, itulah tadi tips membersihkan gigi dari karang gigi dan plak dengan bahan alami. Jadi, kebersihan gigi patut dijaga, minimal dengan menggosok gigi dua kali sehari dan rajin memeriksa kebersihan gigi dari sisa makanan.

Untuk membersihkan sisa makanan dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran yang berdaging renyah dan berserat seperti apel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel