6 Masker Wajah Alami untuk Remaja Beserta Cara Membuatnya

  Tidak hanya orang dewasa, banyak anak remaja yang juga ingin merawat kesehatan kulit wajah agar bisa tampil menawan di depan teman-temannya. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, terdapat berbagai macam masker wajah alami untuk remaja yang bisa dibuat sendiri di rumah.

6 masker wajah alami untuk remaja sesuai masalah kulitnya

Wajah berminyak, berjerawat, dan munculnya tanda-tanda penuaan dini menjadi segelintir masalah kulit yang kerap ditemui remaja. Selain mencoba obat-obatan medis, tidak ada salahnya untuk menjajal berbagai masker wajah alami untuk remaja ini.

1. Masker putih telur untuk wajah berjerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami remaja. Jerawat dapat muncul saat minyak, sel kulit mati dan bakteri menyumbat pori-pori.Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba masker wajah untuk remaja yang terbuat dari putih telur. Protein di dalam putih telur dipercaya bisa membunuh bakteri di kulit wajah sehingga jerawat dapat dicegah. Anda hanya memerlukan 2-3 putih telur untuk membuat masker wajah alami untuk remaja ini.Langkah-langkah membuatnya pun cukup mudah, di antaranya:

•Pisahkan kuning telur dan masukkan putih telur ke dalam mangkuk

•Basahkan kapas dengan putih telur tersebut dan oleskan sedikit demi sedikit ke wajah

•Diamkan selama 10-15 menit

•Bersihkan wajah dengan air bersih dan kain

•Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah.

2. Masker bubuk kunyit dan madu untuk hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang menyebabkan beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap dibandingkan bagian kulit lain yang mengelilinginya. Penggelapan kulit ini terjadi saat kulit kelebihan melanin atau pigmen yang menghasilkan warna kulit.Biasanya, hiperpigmentasi dapat muncul akibat jerawat, faktor usia, atau paparan sinar matahari berlebihan.Dilansir dari healthline, salah satu masker wajah untuk remaja usia 14 tahun yang tepat dalam mengatasi hiperpigmentasi adalah masker bubuk kunyit dan madu mentah.Bahan yang Anda butuhkan adalah 1/2 sendok teh dan 1-2 sendok makan madu mentah. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya:

•Aduklah bubuk kunyit dan madu mentah di dalam mangkuk hingga adonannya merata

•Oleskan adonannya ke wajah Anda

•Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih hangat.

3. Masker oatmeal dan soda kue untuk pori-pori tersumbat

Kombinasi antara oatmeal dan soda kue dipercaya bisa menjadi masker wajah alami untuk remaja yang mengalami pori-pori tersumbat di wajahnya.Kedua bahan alami ini dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membebaskan pori-pori dari sumbatan.Untuk membuat masker wajah alami untuk remaja ini, berikut langkah-langkahnya:

Campurkan 2 sendok teh oatmeal dan 1 sendok teh soda kue di dalam mangkuk

•Tambahkan beberapa tetes air bersih sehingga teksturnya kental

•Oleskan adonan ke bagian wajah dan diamkan hingga mengering

•Bilas wajah dengan air hangat dan jangan lupa oleskan pelembap.

4. Masker pisang, perasan lemon, dan minyak zaitun untuk wajah berminyak.

Kulit berminyak terjadi saat kelenjar sebasea di kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Bagi Anda yang belum tahu sebum adalah zat berminyak yang melindungi dan melembapkan kulit.wajah berminyak dapat mengundang berbagai masalah kulit, seperti tersumbatnya pori-pori, jerawat, dan peradangan.Masker wajah untuk remaja usia 14 tahun yang dapat dicoba dalam mengatasi masalah ini adalah campuran pisang, perasan lemon, dan minyak zaitun.Pisang dipercaya bisa menyerap minyak di kulit, sedangkan air perasan lemon dapat membersihkan pori-pori.Untuk membuatnya, Anda membutuhkan satu buah pisang, 10 tetes air perasan lemon, dan satu sendok teh minyak zaitun ekstra virgin.

Aduk pisang hingga teksturnya lembut

•Masukan air perasan lemon dan minyak zaitun agar teksturnya lengket

•Oleskan adonan ke wajah dan diamkan selama 15 menit

•Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

5. Masker mentimun dan lidah buaya untuk wajah kering

Masker wajah untuk remaja usia 14 tahun lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering adalah kombinasi antara mentimun dan lidah buaya.Kedua bahan alami ini diyakini mampu mengembalikan hidrasi tubuh dan mencegah wajah kering.Untuk membuatnya, Anda membutuhkan mentimun yang dipotong setengah dan dua sendok makan gel lidah buaya.

•Haluskan setengah buah mentimun dan campur dengan 2 sendok makan gel lidah buaya

•Oleskan adonannya ke bagian wajah

•Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air bersih.

6. Masker alpukat, madu, dan bubuk kakao untuk kulit keriput

Terdapat banyak tanda penuaan dini yang harus diwaspadai, salah satunya adalah kuliit keriput. Salah satu masker wajah alami untuk remaja yang bisa dicoba adalah kombinasi antara alpukat, madu, dan bubuk kakao.Alpukat dan bubuk kakao dianggap mampu merangsang produksi kolagen, sedangkan madu dapat melembapkan dan melembutkan kulit.Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah dua buah alpukat, satu sendok makan madu mentah, serta dua sendok makan bubuk kakao.

•Lembutkan tekstur alpukat di dalam mangkuk dan masukkan bubuk kakao serta madu

•Oleskan adonannya ke wajah sambil memijatnya

•Diamkan selama 20 menit dan bersihkan wajah dengan air hangat.









Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel