Begini Cara Mudah Perbaiki Magic Com, Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Harus Dibawa ke Reparasi

 

– Beberapa masalah yang kerap dialami pengguna magic com. Baru satu sampai dua jam dimasukan ke dalam magic com, lantas nasi berubah menguning atau malah berbau. Atau bisa saja nasi yang dimasak cepat basi.

Jelas, hal ini membuat kamu jadi semakin kesal. Mau tak mau harus memasak kembali dan membuang nasi yang tadi telah siap disantap.

Bagi sebagian orang, masalah ini bisa langsung diselesaikan dengan menggantinya dengan magic com yang baru, atau dengan solusi lainnya yang membawanya ke tukang reparasi. Namun, jika kamu tidak mau repot membawanya ke tukang reparasi atau membeli baru, ini adalah cara paling mudah untuk memperbaiki magic com.

Nursito sedang memperbaiki magic com yang rusak. Foto: Kaerul Umam.
Teknisi sekaligus Pemilik Toko Cahaya Teknik yakni Nursito (30) menuturkan, bagian-bagian yang sering menjadi masalah kerusakan pada magic com itu diakibatkan pada barang yang sudah lama. Sehingga, sparepart yang ada di dalamnya juga akan mengalami penurunan.

“Paling vital dalam kerusakannya itu ada tiga. Pertama, kendala nasi yang sudah matang tapi beberapa jam kemudian nasi menjadi lembek dan berair. Kendala itu ada di kabel elemen pemanas sering tergesek dengan penutup magic com yang mengakibatkan kabel putus,” beber Nursito saat ditemui di tokonya, Sabtu (29/10/2022).

Cara memperbaikinya, kata Nursito, kabel yang terputus itu biasanya terletak di bagian belakang penutup. Kemudian bongkar bagian tersebut, cek dengan seksama, jika terlihat ada kabel yang terputus, sambungkan dengan hati-hati dan masalah akan teratasi.

Permasalahan yang kedua, nasi belum matang sepenuhnya namun lampu indikator sudah menunjukkan bahwa nasi sudah masak. Kondisi ini, biasanya kerusakannya pada sparepart yang bernama otomatisnya yang bisa menggerakkan indikator saat nasi matang.

“Otomatis ini tepat berada di bawah. Caranya lepas baut yang ada di bawah magic com, kemudian lepas kerangka dengan obeng. Lepas semua pengait yang ada dan ambil otomatisnya, lalu diganti dengan yang baru. Otomatis ini sangat murah, harganya cuma Rp 10 ribu saja. Biasanya kalau saya servis biaya Rp 35 ribu untuk masalah ini,” ujarnya.

Terakhir, tambah Nursito, magic com mengalami mati total. Ini disebabkan karena sparepart sudah lama dan disebabkan oleh kerusakan sparepart lainnya seperti otomatisnya. Kerusakan tersebut bisa diatasi dengan mengganti sparepart yang bernama fuse. Menurutnya, harga sparepart itu sangat murah, yakni Rp 2 ribu saja dan bisa diperbaiki sendiri.

“Fuse ini juga berada di bawah yang ditutup dengan lapisan kertas plastik yang tidak mudah terbakar,” tandasnya.

Editor: Kholistiono

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel