10 Hal yang Perlu Dilakukan agar Balita Tumbuh Jadi Anak Cerdas

 10 Hal yang Perlu Dilakukan agar Balita Tumbuh Jadi Anak Cerdas

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan kreatif. Di usia balita, Si Kecil mengalami perkembangan pesat, terutama otak dan fisiknya. Karena itu, pada saat inilah dibutuhkan peran Moms untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan kecerdasannya. Agar balita tumbuh menjadi anak yang cerdas, berikut 10 hal yang perlu Moms lakukan.

1. Mencukupi kebutuhan gizi anak

Nutrisi untuk otak, terutama DHA, terbukti berperan dalam perkembangan otak anak pada periode emas ini. Berikan jenis makanan kelompok brain food, misalnya makanan sumber protein, untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan berpikir anak. Berikan juga nutrisi yang menunjang pertumbuhan fisik Si Kecil dan nutrisi untuk perkembangan optimal sistem daya tahan tubuhnya.

2. Menjadi contoh baik buat anak

Anak belajar dengan meniru orang tuanya. Maka, Anda wajib menjadi contoh yang baik bagi Si Kecil sehari-hari. Tunjukkan ketertarikan Anda untuk selalu belajar dan menemukan berbagai hal baru yang menarik serta kreatif bersama anak. Tunjukkan dan terapkan pola hidup sehat. Tunjukkan pula sikap menghargai serta empati kepada setiap anggota keluarga dan orang lain.

3. Menjaga kesehatan anak

Olahraga atau aktivitas fisik tidak hanya bisa membuat tubuh anak sehat, tapi juga membuatnya cerdas. Selain sirkulasi oksigen, asupan zat gizi menjadi lancar ke seluruh tubuh dan otak serta memicu produksi hormon untuk sel saraf. Dengan tubuh sehat, Si Kecil akan memiliki kesempatan luas untuk belajar berbagai hal serta mengeksplorasi segalanya dengan optimal. Olahraga juga mampu membuat Si Kecil merasa rileks.

4. Membiarkan anak mengeksplorasi lingkungan

Lingkungan menjadi sarana bagi balita untuk belajar berbagai macam hal. Eksplorasi di alam memicu Si Kecil aktif bergerak serta meningkatkan rasa ingin tahunya terhadap berbagai aspek kehidupan. Dorong dan semangati anak untuk mengeksplorasi lingkungan yang baru dikenalnya. Jangan terlalu sering melarangnya, tapi berikan penjelasan mengenai konsekuensi yang akan ia dapat jika melakukan sesuatu.

5. Memberikan anak kesempatan mengenal dunia

Berikan anak fasilitas dan kesempatan untuk mengenal dunia beserta seluruh aspek kehidupannya. Ini akan membuat Si Kecil berpandangan terbuka terhadap berbagai hal baru sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

6. Membacakan berbagai buku pengetahuan

Selain menumbuhkan minat membaca, anak juga akan menyerap pengetahuan dari buku untuk menunjang minatnya. Kebiasaan membaca buku juga akan menanamkan ikatan batin antara Anda dan Si Kecil.

7. Mengikuti minat anak

Untuk menggali potensi luar biasa di dalam diri Si Kecil, berikan dukungan penuh pada hal-hal yang ia sukai. Jika perlu, Moms bisa ikut berlatih dan menjadi teman berlatih yang menyenangkan untuknya.

8. Sering bertanya pada anak

Untuk memancing cara berpikir anak, Anda perlu sering mengajukan pertanyaan pada Si Kecil atau mengajaknya berdiskusi. Mulailah dengan hal yang sederhana, seperti menanyakan apa yang sedang ia lakukan atau apa saja yang ia minati.

9. Membiasakan anak membuat keputusan

Membiasakan anak untuk membuat keputusan sendiri akan melatihnya untuk belajar sebab akibat serta tanggung jawab. Melatih anak untuk membuat keputusan juga akan memicunya untuk belajar berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

10. Memberikan kesempatan bersosialisasi

Anak butuh kesempatan bersosialisasi seluas-luasnya untuk memperkaya pengalaman emosionalnya serta sebagai sarana untuk belajar mengekspresikan perasaannya. Semakin baik kecerdasan emosional anak, semakin baik pula penyampaian rangsang antar sel-sel saraf pada otaknya. (M&B/SW/Foto: Freepik)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel