10 Cara Menghilangkan Tungau di Kasur Secara Mudah

 Tungau atau kutu busuk adalah hewan dengan tubuh berukuran 0,5 mm tetapi keberadaannya sangat menggangu manusia. Hewan ini suka berada di tempat tidur, lemari pakaian, sampai dengan sofa. Meskipun namanya adalah kutu busuk, hewan ini masuk dalam keluarga laba-laba karena memiliki 8 tungkai. Parasit yang satu ini dapat berkembang biak dengan sangat mudah.

Jika Anda mengalami gatal-gatal, bentol, dan sesak nafas setelah bangun tidur, cobalah untuk memeriksa keberadaan tungau di tempat tidur Anda. Lakukan 10 cara menghilangkan tungau di kasur secara mudah 

1. Cuci bantal, guling, sprei dan selimut dengan air panas

Cara menghilangkan tungau di kasur yang paling pertama adalah dengan mencuci semua perlengkapan tidur Anda, mulai dari bantal, guling, sprai, dan selimut di dalam air panas. Tambahkan deterjen anti bakteri untuk membasmi tungau yang terdapat di perlengkapan tidur tersebut.

Jemur semua perlengkapan tidur di bawah sinar matahari yang terik karena suhu panas dari sinar matahari dapat mematikan tungau yang masih hidup meskipun melewati proses pencucian dengan air panas. Pastikan Anda mencuci perlengkapan tidur minimal sebulan sekali. Jangan lupa untuk menjemur semua sampai benar-benar kering karena tungau suka hidup di tempat yang lembab.

2. Jaga tempat tidur selalu bersih

Apakah selama ini Anda malas membersihkan tempat tidur setiap hari? Itulah salah satu penyebab mengapa banyak tungau di tempat tidur Anda. Mulai saat ini, tidak ada salahnya jika Anda menebah tempat tidur setiap hari dan mengganti sprei setiap sebulan sekali.

Jangan lupa untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari setiap beberapa bulan sekali. Menjemur kasur adalah proses sterilisasi alami yang dapat membasmi tungau atau serangga lain yang bersarang di tempat tidur Anda. Jemur kasur minimal 5 jam setiap beberapa bulan sekali.

3. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan tungau

Mengganti sprei saja tidak cukup untuk mengatasi tungau yang bersarang di kasur. Anda harus membersihkan kasurnya juga untuk membasmi tungau. Apabila tidak memungkinkan untuk menjemur kasur, gunakan vaccum cleaner untuk membersihkan celah-celah kasur Anda.

Dengan alat ini, tungau akan tersedot masuk ke dalam vacuum cleaner sehingga tempat tidur Anda bebas dari parasit ini. Selain tungau, vacuum cleaner juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran lain yang ada di tempat tidur.

4. Taburkan gel silika

Apa itu gel silika? Gel silika merupakan butiran bening seperti kaca yang terbut dari natrium silikat. Biasanya gel silika dimasukkan di dalam kemasan obat atau kotak sepatu untuk menjaga kelembaban agar tidak mudah berjamur.

Nah, Anda bisa mencoba cara menghilangkan tungau di kasur ini dengan menaburkan gel silika di atas tempat tidur, sudut-sudut ruangan, dan di sekitar tempat tidur. Kutu busuk yang berada di dalam kamar tidur Anda akan menempel pada gel silika ini dan mati dengan sendirinya.

5. Pasang air purifier di kamar tidur

Air purifier adalah alat penjernih udara yang dapat mengurangi polusi, virus, bakteri, dan debu. Namun, siapa sangka jika alat ini bisa membantu menjaga kelembaban di dalam kamar Anda. Tungau suka hidup di dalam ruangan yang lembab.

Oleh karena itu, Anda memerlukan air purifier ini untuk menstabilkan kelembaban udara di dalam kamar tidur Anda. Atur kelembaban udara kurang dari 50 persen. Tungau akan merasa tidak nyaman jika kelembaban udara di dalam kamar Anda mencapai angka 35 persen. Yuk, pilih air purifier terbaik untuk dipasang di kamar tidur Anda.

6. Semprotkan insektisida (obat pembasmi serangga)

Dari sekian banyak cara menghilangkan tungau di kasur dan perabotan rumah tangga Anda, insektisida adalah solusi paling mujarab untuk membasmi tungau. Insektisida adalah obat pembasmi serangga atau obat nyamuk yang biasa dijual di supermarket.

Anda dapat menggunakan insektisida ini untuk membasmi tungau secara lebih cepat. Cukup semprotkan produk ini ke tempat-tempat yang menjadi sarang tungau. Namun, perlu Anda ketahui bahwa obat pembasmi serangga ini hanya dapat membasmi tungaunyan saja, tetapi tidak dapat membasmi telur-telurnya.

7. Letakkan kulit durian di kamar tidur


Aroma durian  yang sangat pekat terkadang dapat membuat manusia merasa pusing. Tentu saja aroma dari buah ini juga dapat membuat tungau menjadi klenger dan sekarat. Sehabis makan durian, jangan buang kulitnya terlebih dahulu. Anda dapat memanfaatkan kulit durian ini sebagai sarana untuk membasmi tungau secara alami.

Letakkan kulit durian di kamar, terutama di tempat yang menjadi sarang bagi tungau, seperti sudut tempat tidur atau bawah tempat tidur. Aroma durian yang sangat menyengat ini dapat mengusir kutu busuk secara alami.

8. Gunakan jus bawang


Apa rasanya meminum jus bawang merah dan bawang putih? Manusia saja tentu tidak akan menyukai jus dari kedua jenis bawang tersebut, apalagi tungau yang ukurannya sangat kecil. Percaya atau tidak, bawang merah dan bawang putih bisa menjadi cara menghilangkan tungau di kasur secara alami, lho.

Setelah memasukkan kedua jenis bawang di dalam blender, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian, oleskan jus bawang ini di sarang-sarang tungau, seperti sudut tempat tidur atau celah yang ada di tempat tidur Anda. Dalam beberapa jam tungau akan keluar dan berjatuhan satu persatu.

9. Basmi tungau dengan air garam


Tahukah Anda bahwa garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tapi juga bisa untuk membasmi tungau? Ya, larutkan garam di dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot.

Kemudian, semprotkan larutan air garam ini ke sarang-sarang tungau di sekitar tempat tidur Anda. Hanya dalam beberapa jam, tungau akan keluar dan mati seperti ketika Anda menggunakan jus bawang untuk membasmi tungau.

10. Gunakan minyak pohon teh atau minyak lavender


Baik minyak pohon teh  atau minyak lavender memiliki bau yang menyengat dan sangat tidak disukai oleh tungau. Namun, aroma dari kedua minyak ini cukup bersahabat dengan indra penciuman manusia. Sama seperti ketika Anda menggunakan air garam, Anda hanya perlu menyemprotkan salah satu jenis minyak ini ke tempat-tempat yang menjadi sarang tungau.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan bunga lavender yang dikeringkan sebagai sarana untuk mencegah tungau datang kembali. Caranya adalah bungkus bunga lavender kering di dalam kain, lalu letakkan kain tersebut di tempat tidur Anda. Aroma dari bunga lavender kering ini bisa menjadi penangkal tungau yang hendak kembali ke tempat tidur Anda.

Setelah melakukan 10 cara menghilangkan tungau di kasur, Anda perlu memastikan agar tempat tidur dan kamar Anda selalu bersih setiap hari. Bila Anda menggunakan pendingin ruangan (AC), usahakan untuk tetap membuka jendela kamasetiap pagi dan matikan AC agar kondisi kamar tidur tidak terlalu lembab.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel