Cara Merawat Rambut Rusak Karena Sering Dicatok

 



. Untuk itu, mencatok rambut menjadi rutinitas wajib sebelum beraktivitas di luar rumah, itulah yang sering dilakukan Wanita untuk menambah kepercayaan diri.

Tapi di balik itu, suhu panas yang dihasilkan oleh catokan ternyata berpotensi membuat rambut jadi cepat rusak, seperti mudah kering, bercabang, patah, sampai mengalami rambut rontok. Jika tidak dirawat dengan baik, maka kesehatan rambut akan semakin menurun dan membuat rambut tidak indah lagi.

Ada yang lagi mengalaminya nggak? Eits eits, nggak perlu khawatir kok, karena berikut 5 cara merawat rambut rusak akibat sering dicatok. 

1. Gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan keratin

Suhu panas yang dihasilkan oleh catokan dapat merusak kelembapan dan kesehatan rambut. Untuk itu, penting untuk memilih sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan kerating sehingga dapat menutrisi serta menyehatkan rambut.

Sebenarnya, tubuh kita secara alami akan menghasilkan keratin, namun pengunaan hair styling seperti catokan dapat menyebabkan produksi keratin berkurang. Jadi jangan lupa untuk selalu merawat rambut rusak akibat sering dicatok dengan memilih perawatan rambut yang tepat.


2. Sebelum menata rambut, semprotkan heat protection

Sebelum memulai rutinitas mencatok rambut, sebaiknya gunakan produk yang dapat menjaga rambut dari suhu panas. Umumnya, heat protection berbentuk oil atau spray, sehingga mudah sekali diaplikasikan ke rambut. Selain itu, heat protection juga berfungsi memberikan kelembapan dan kelembutan. Sehingga rambut lebih mudah diatur dan bersinar.


3. Hair serum untuk di kulit kepala

Meski umumnya rambut di dekat kulit kepala tidak terkena panas catokan, tetapi penting untuk merawat rambut mulai dari akarnya. Hair serum berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan meencegah kerontokan rambut. Jika rambut sudah tebal dan sehat, maka hasil catokan akan jauh lebih bagus, kan?


4. Mengaplikasikan hair mask secara rutin

Nggak cukup dengan perawatan harian, rambut rusak akibat sering dicatok juga membutuhkan nutrisi lebih yang bisa didapatkan dari hair mask. Hair mask berfungsi untuk merawat dan memperbaiki rambut yang rusak akibat seringnya terpapar sinar matahari, debu, hingga suhu panas.

Kandungan yang terdapat di dalam hair mask juga mampu mengembalikan keindahan dan kesehatan rambut secara alami. Untuk itu, pilih produk hair mask yang sesuai dengan jenis rambut dan jangan lupa aplikasikan seminggu sekali, ya!


5. Trim ujung rambut secara berkala

Salah satu efek dari sering mencatok adalah rambut terasa kering dan mudah bercabang. Terlebih bagian ujung rambut yang umumnya akan terkena suhu panas lebih sering dibandingkan area rambut lainnya. Untuk mencegah rambut semakin rusak, pangkas atau trim rambut secara berkala sebanyak 2-3 cm. Kamu bisa lakukan hal ini di rumah aja, lho.


Nah, itu dia lima cara merawat rambut rusak akibat sering dicatok. Mudah banget, kan? Selamat mencoba, ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel