Praktis hanya pakai 1 bahan, ini cara hilangkan kerak kapur pada panci

 

Praktis hanya pakai 1 bahan, ini cara hilangkan kerak kapur pada panci
foto: YouTube/Arzun HF

  Panci seringkali dipakai buat masak berbagai menu rebusan atau hanya sekadar dipakai untuk merebus air. Nah, saat sering dipakai untuk merebus air, di bagian dasar panci terdapat endapan seperti kapur. Bukan tanpa sebab, air mengandung mineral kalsium yang apabila dipanaskan bisa berubah jadi kapur dan lengket di dasar panci.

Dilansir dari madeincookwere.com, sisa mineral ini sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan. Tapi jika dibiarkan dalam waktu lama, noda kapur di dasar panci tersebut bisa-bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri. Jadi lebih baik dibersihkan agar panci tetap aman digunakan buat masak maupun merebus air.

Namun, terkadang noda kerak kapur ini tak mudah hilang apabila hanya dibersihkan menggunakan air dan sabun saja. Perlu sejumlah bahan lain yang mengandung asam atau tingkat pH yang tinggi untuk membantu kerak kapur luntur dari dasar panci. Dengan tambahan bahan tersebut, kerak kapur yang tertinggal di dasar panci bisa dengan mudah hilang.

Seorang warganet bernama Arzun punya cara mudah untuk membersihkan kerak kapur di dasar panci dengan bantuan cuka. Lewat channel YouTube-nya, ia memperlihatkan setiap tahapan dalam membersihkan panci yang memiliki kerak kapur membandel. Nggak pakai ribet, cara tersebut pun ampuh membuat panci bebas dari kapur kerak.

"Cara membersihkan kerak kapur pada panci yang membandel sangat mudah sekali," tulisnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Arzun HF, Senin (19/12).

Nggak cuma cocok dicampur pada makanan, cuka memang memiliki kandungan yang dapat membersihkan alat dapur. Dilansir dari scd.org, cuka bersifat asam, sehingga apabila dicampurkan dengan zat yang mengandung kalsium bisa meluruhkan kerak kapur yang ada pada panci atau alat dapur lainnya. Dalam video tersebut, caranya hanya dengan menungangkan cuka ke panci, setelah itu ratakan ke seluruh bagian dalam panci.

Praktis hanya pakai 1 bahan, ini cara hilangkan kerak kapur pada panci

foto: YouTube/Arzun HF.

Selanjutnya, sikat bagian dalam panci tersebut menggunakan sabut cuci piring atau sikat gigi. Jika sisa kerak kapur sudah sangat tebal dan membandel, kamu juga bisa panaskan cuka tersebut cukup sampai hangat agar sisa kerak lebih mudah terangkat. Sikat terus sampai semua sisa kerak hilang.

Praktis hanya pakai 1 bahan, ini cara hilangkan kerak kapur pada panci

foto: YouTube/Arzun HF

Setelah dirasa benar-benar bersih, panci bisa dicuci menggunakan sabun seperti biasa dan dikeringkan. Hasilnya bagian dalam panci jadi mulus kembali dan aman digunakan untuk masak dan merebus air. Sudah ditonton ratusan ribu kali, video tersebut berhasil menuai banyak antusias dari warganet, lho. Mengintip kolom komentarnya, banyak yang meninggalkan ucapan terima kasih karena mendapatkan ilmu baru.

Praktis hanya pakai 1 bahan, ini cara hilangkan kerak kapur pada panci

foto: YouTube/Arzun HF

"Terima kasih tutorialnya,manfaat banget," ujar YouTube/Bapak Sarwanto.

"Persis bgt panci gw! Hahahahha makasih banyak loh ya!!!" seru YouTube/Avi Ramdhini Taufik.

"Aku sudah mencobanya , memang bener sekali panciku yang banyak kerak kapur.. hilang semua..makasih yah kak infonya," tulis YouTube/Titye Karnati.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel