5 Kuliner Jogja Paling Terkenal dan Sering Jadi Destinasi Turis Saat Liburan

 

5 Kuliner Jogja Paling Terkenal dan Sering Jadi Destinasi Turis Saat Liburan
Kuliner Jogja yang Terkenal, Salah Satunya Sate Ratu / foto: Instagram.com/sateratu

Kuliner Jogja tak kalah dari kuliner-kuliner kota lain, lho! Bahkan saat musim liburan, Jogja bisa dibilang hampir selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berlibur dan mencicipi kuliner kota istimewa ini. Ragam kulinernya cukup banyak dengan rasa yang lezat, Beauties.

Buat Beauties yang ingin berlibur ke Jogja, yuk, simak 5 kuliner Jogja paling terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan!

1. Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok
Warung Kopi Klotok / foto: Instagram.com/kulineryogya

Salah satu kuliner Jogja yang tak pernah sepi pengunjung adalah Warung Kopi Klotok. Deretan artis dari Ringgo Agus Rahman hingga Najwa Shihab pernah mencicipi masakan ndeso khas Warung Kopi Klotok. 

Di sini, Beauties bisa menikmati sajian menu sayur lodeh lengkap dengan telur crispy-nya yang viral itu. Jangan lupa pesan pisang gorengnya yang lezat, ya! Warung Kopi Klotok terletak di daerah Jalan Kaliurang KM.16.

2. Sate Ratu 

Sate Ratu
Sate Ratu / foto: Instagram.com/sateratu

Sate Ratu punya sajian sate yang cukup unik. Kuliner Jogja yang satu ini mengolah sate ayam tanpa menggunakan bumbu kacang maupun kecap, melainkan bumbu merah yang menghasilkan cita rasa gurih, manis dan sedikit pedas.

Dengan menu andalan Sate Ayam Merah, Sate Ratu ramai dikunjungi turis dalam kota hingga turis luar negeri. Saking ramainya, Sate Ratu sampai membuat waiting list untuk pengunjung. Kuliner sate ini terletak di daerah Tiyasan, Condongcatur.

Kuliner Jogja Selanjutnya, Ada Mangut Lele!
Mangut Lele Mbah Marto / foto: Instagram.com/Jogjataste

3. Mangut Lele Mbah Marto 

Mengolah lele tidak hanya digoreng, lho, Beauties! Mbah Marto mengolah daging lele menjadi masakan mangut yang sedap. Lele terlebih dulu diasapi kemudian dimasak dengan kuah santan yang pedas. 

Mangut lele makin lezat dimakan saat masih panas bersamaan dengan side dish lainnya, seperti sayur daun pepaya, lalapan hingga gudeg. Memiliki tempat yang agak terpencil, Mangut Lele Mbah Marto menempati daerah Sewon, Bantul.


4. Gudeg Sagan 

Gudeg Sagan
Gudeg Sagan / foto: Instagram.com/kulineryogya

Belum ke Jogja rasanya kalau belum menikmati gudeg bukan? Beauties bisa mencicipi salah satu gudeg terkenal yang bernama Gudeg Sagan. Di sini tersaji gudeg beserta lauk pauknya, seperti ayam kampung, telur, hingga krecek

Banyak turis yang menyukai Gudeg Sagan karena rasa gudeg-nya tidak terlalu dominan manis, melainkan gurih. Selain itu, lokasi Gudeg Sagan mudah dijangkau. Berada di tengah kota, kuliner ini menempati Jalan Prof. Herman Yohanes, Samirono.

5. Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem
Lupis Mbah Satinem / foto: Instagram.com/kulineryogya

Lupis merupakan jajanan pasar tradisional dari daerah Jawa. Akhir-akhir ini Lupis Mbah Satinem terkenal lantaran sempat masuk acara Street Food Asia dan variety show Korea, yang tayang di Netflix. 

Lupis sendiri terbuat dari beras ketan dan ditaburi parutan kelapa serta gula aren. Rasanya? Manis dan legit! Lupis Mbah Satinem hanya berjualan di pagi hari saja, sekitar daerah Bumijo. 

Nah, itu dia 5 kuliner Jogja yang paling terkenal dan paling ramai dikunjungi saat liburan. Dari list di atas, kuliner Jogja mana yang sudah pernah Beauties coba? 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel