15 Cara Menurunkan Berat Badan Alami dan Sehat, Bukan Cuma Diet Bun

 Ilustrasi diet atau perut buncit 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat, Bukan Cuma Diet, Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Jakarta - 

Meskipun diet adalah salah satu cara yang dianggap paling efektif dalam menurunkan berat badan, masih beberapa hal lainnya yang bisa Bunda lakukan untuk turunkan berat badan. Ada begitu banyak cara alami yang dapat Bunda ikuti untuk membantu Bunda menurunkan berat badan.

Kebanyakan orang menurunkan berat badan dengan melakukan diet. Namun, apakah Bunda sudah tahu bahwa diet tidak sepenuhnya menjadi cara yang tepat untuk menurunkan berat badan, lho.

Diet memang bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi cara ini juga bisa berbahaya karena dapat mencegah orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Oleh karena itu, Bunda bisa menurunkan berat badan tidak hanya dengan diet. Masih banyak cara alami lainnya yang terbilang cukup aman, seperti melakukan sedikit perubahan dalam gaya hidup Bunda.

Perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat membantu Bunda menurunkan berat badan dan mempertahankan berat yang ideal. Banyak ahli juga yang mengatakan bahwa Bunda dapat menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

Kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup. Nah, Bunda penasaran bagaimana cara alami menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan diet? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cala alami turunkan berat badan.

15 Cara menurunkan berat badan secara alami

Untuk menjaga berat badan turun secara permanen, cara terbaiknya adalah menurunkan berat badan secara perlahan. Gunakan satu atau lebih dari strategi sederhana dan tidak menyakitkan ini untuk membantu menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

1. Hindari melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Bunda dalam menurunkan berat badan. Bunda bisa kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan lebih banyak makan camilan sepanjang hari karena perut terasa lapar.

“Banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari,” kata Elizabeth Ward, MS, RD, penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids, dikutip dari laman WebMD.

2. Pilih kalori yang tepat

Minuman manis menumpuk kalori, tetapi tidak mengurangi rasa lapar seperti makanan padat. Puaskan dahaga dengan air putih, air soda dengan jeruk, susu rendah lemak, atau jus buah 100 persen dalam porsi kecil.

3. Minum teh hijau

Teh hijau adalah minuman alami yang kaya dengan antioksidan. Minuman ini telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat seperti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4 persen dan meningkatkan pembakaran lemak yang selektif hingga 17 persen, terutama lemak perut yang berbahaya. Teh hijau matcha adalah salah satu jenis teh bubuk yang memiliki manfaat lebih kuat daripada teh hijau biasa.

4. Makan secara teratur

Melansir dari laman NHS UK, makan tepat waktu di siang hari dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Selain itu, ini juga dapat membantu Bunda untuk mengurangi godaan dari camilan yang tinggi lemak dan gula. Dengan makan secara teratur dapat membantu Bunda menurunkan berat badan.

5. Rutin olahraga

At home sports. Latin girl doing squats with dumbbells in living roomIlustrasi cara alami menurunkan berat badan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Lebih banyak bergerak adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, olahraga juga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Bunda hilangkan melalui diet saja.

6. Lebih banyak minum air putih

Melansir dari laman Healthline, air minum dapat membantu menurunkan berat badan. Minum sebanyak 0,5 liter dapat meningkatkan kalori yang Bunda bakar sebesar 24 sampai 30 persen selama satu jam sesudahnya. Air putih sangat baik untuk menurunkan berat badan saat menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gulanya, ya, Bunda.

7. makanan yang tinggi serat

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu Bunda tetap merasa kenyang, ini sangat cocok untuk bantu menurunkan berat badan. Serat hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan seperti buah dan sayuran, roti gandum, nasi merah dan pasta, dan kacang-kacangan.

8. Makan lebih lambat

Jika makan terlalu cepat, mungkin Bunda akan makan terlalu banyak kalori sebelum tubuh menyadari bahwa Bunda sudah kenyang. Makan cepat memungkinkan untuk mengembangkan obesitas, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih lambat.

Mengunyah lebih lambat diketahui dapat membantu Bunda makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

9. Tidur yang cukup

Ilustrasi TidurIlustrasi cara alami menurunkan berat badan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/millann

Tidur yang cukup juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur hingga 55 persen lebih memungkinkan untuk mengembangkan obesitas, dibandingkan dengan orang dengan tidur yang cukup.

Hal ini bisa terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang dapat menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk.

10. Sikat gigi setelah makan

Banyak orang menyikat atau menggunakan benang gigi setelah makan, ini dapat membantu membatasi keinginan untuk ngemil atau makan lagi di antara waktu makan. Hal ini karena banyak orang yang tidak ingin makan setelah menyikat gigi, itu bisa membuat makanan tidak terasa enak, lho, Bunda.

11. Batasi asupan gula tambahan

Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan Bunda.

12. Minum kopi

Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang Bunda bakar. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme Bunda sekitar 3 sampai 11 persen. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23 sampai 50 persen.

13. Gunakan piring yang lebih kecil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Bunda makan lebih sedikit. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat mengurangi jumlah makanan yang Bunda makan, sekaligus memberi Bunda persepsi bahwa Bunda telah makan lebih dari biasanya.

14. Mengelola tingkat stres

Shot of stressed business woman working from home on laptop looking worried, tired and overwhelmed.Ilustrasi cara menurunkan berat badan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/nensuria

Melansir dari laman Medical News Today, stres dapat memicu pelepasan hormon yang awalnya menurunkan nafsu makan sebagai bagian dari respons tubuh untuk melawan. Namun, ketika orang berada di bawah tekanan konstan, kortisol dapat tetap berada di aliran darah lebih lama yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menerapkan program intervensi manajemen stres selama 8 minggu bisa menghasilkan penurunan yang signifikan dalam indeks massa tubuh anak-anak dan remaja yang kelebihan berat badan atau obesitas.

15. Baca label kemasan

Dengan membaca label kemasan, dapat membantu Bunda memilih pilihan yang makanan yang lebih sehat. Gunakan informasi kalori untuk mengetahui bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian Bunda pada rencana penurunan berat badan.

Tidak hanya dengan diet saja, bukan, Bunda? Cara alami di atas adalah beberapa hal yang bisa Bunda ikuti dalam membantu menurunkan berat badan Bunda. Dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup tersebut, Bunda juga bisa tetap hidup sehat dengan tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel